Rabu, Maret 4

TUGAS RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Google, Yahoo, MSN ???

Pangsa pasar Google di Amerika Serikat untuk aspek pencarian meningkat dari tahun lalu yang hanya 45%, menjadi 52% terhitung sejak Juni tahun ini. Sedangkan pangsa pasar Yahoo!, yang sebelumnya ditasbihkan sebagai raja situs web pencarian, kini menjadi 25% dan MSN 10%.

Secara total sebenarnya jumlah pengunjung Yahoo! dan MSN masih melebihi Google karena kedua portal raksasa itu memiliki banyak fitur-fitur lain seperti permainan (game), musik, personal dan berbagai fitur online lain. Hal inilah yang agak menghibur MSN dan Yahoo! karena dari fasilitas di luar mesin pencarian itulah sumber keuangan terbesar mereka. Yahoo! bahkan berhasil meraup total pendapatan sebanyak 1.2 milyar dolar AS pada kuartal pertama. Inilah yang dapat dijadikan modal untuk melawan Google dengan investasi teknologi pencarian yang lebih canggih.
Mesin pencarian saat ini memang merupakan topik paling panas di dunia online saat ini. Mesin pencarian adalah jalan masuk yang sangat populer untuk segala sesuatu yang bersifat online, tempat dimana para konsumen memulai perjalanan maya mereka.
Mengingat hal itu, turunnya pangsa pasar Yahoo! dan MSN pada aspek pencarian akan menghambat pertumbuhan mereka di masa depan. Riset membuktikan bahwa penggunaan metoda pencarian sebagai cara untuk navigasi web terus meningkat, dan sering kali menggantikan fungsi URL box (kotak untuk penulisan alamat web). Mulai dari kencan online, wisata, sampai ke perbankan, metode pencarian di situs pencarian merupakan suatu titik awal bagi pengguna web, kata Bonny Brown, Direktur Penelitian dari Keynote System Inc, suatu badan yang menganalisa performa dari berbagai website seperti dikutib Business Week.
Salah satu keunggulan Google yang menjadikannya terus bertengger pada peringkat teratas ialah penampilannya yang sangat sederhana, yang terdiri dari sekitar 13 link saja. Bandingkan Yahoo! dan MSN yang memiliki sekitar 10 kali lipatnya. Ketika seseorang mengunjungi situs pencarian, maka tujuannya adalah mencari sesuatu. Itulah yang ditangkap secara cerdas oleh Google, hanya memberikan fasilitas dan link untuk pencarian. Kesederhanaan inilah yang membuat banyak pengguna Internet menyukai Google. Kenyataan ini jelas memberatkan Yahoo! dan MSN karena pengguna online sekarang cenderung sulit untuk berpindah-pindah dari satu situs pencarian ke yang lainnya, misalnya dari Yahoo! ke Excite kemudian ke AltaVista kemudian kembali lagi ke Yahoo.
MSN dan Yahoo! berusaha mengimbangi pendekatan Google ini dengan berbagai cara. Misalnya, membuat desain dari situs search.MSN.com dan search.Yahoo.com menjadi seminimalis mungkin sehingga hampir menyamai Google. Mereka juga gencar memasarkan situs tersebut. Menurut TNS Media Intelligence, seperti dikuti Business Week, biaya yang dikeluarkan oleh MSN untuk pemasaran situs pencarian dan jasa lainnya sekitar 44 juta dolar AS pada kuartal pertama tahun 2005 dan Yahoo mengeluarkan sekitar 14 juta dolar AS. Google? Hanya mengeluarkan dua juta dolar AS pada periode yang sama.
Selain itu kedua pesaing Google itu terus melakukan terobosan baru. MSN misalnya fokus pada penyediaan jawaban secara langsung sebagai hasil pencarian dari pertanyaan yang dilontarkan. Dengan menuliskan sebuah pertanyaan “Berapa jumlah penduduk Bangladesh?”, maka akan tertera paling atas jawaban “144 juta” dari list hasil pencarian MSN.
Yahoo! bahkan telah mengesankan para profesional riset dengan terobosan barunya yaitu penggunaan berbagai sumber dan aplikasi yang cerdas. Pada bulan Juni kemarin, Yahoo! mengumumkan fitur percobaan yang men-scan isi dari situs langganan, seperti Wall Street Journal Online dan ConsumerReports.org. Kemudian sistem aplikasi milik Yahoo! yang bernama My Web 2.0 akan bekerja untuk mendapatkan hasil pencarian dengan cara yang benar-benar baru dibandingkan situs pencari standar. Saat ini, metoda standar penampilan hasil pencarian adalah berdasarkan analisa link: semakin banyak link yang menuju ke suatu situs, maka semakin tinggi bobotnya pada hasil pencarian. Sedangkan aplikasi Yahoo! yang baru ini lebih cenderung untuk mencari pendapat dari teman atau rekan-rekan si pencari tersebut untuk mendapatkan link yang diinginkan.
Persaingan keras ketiga raksasa web mesin pencarian ini telah menjadikan web mesin pencarian menjadi sumber inovasi yang pada akhirnya akan menguntungkan pengguna Internet. Perkembangan ini juga mendapat perhatian khusus dari para pemasar online karena mereka harus memaksimalkan tingkat pengembalian modal pemasaran online mereka. Jika saat ini Google merupakan pilihan paling menarik untuk strategi optimalisasi mesin pencarian, maka ke di masa mendatang pilihan itu bisa saja berubah.
Dari kutipan artikel diatas dapat saya simpulkan beberapa analisis ketiga website pencarian tersebut (Google, Yahoo dan MSN).
Google memiliki keunggulan tampilan yang minimalis dengan 13 link saja, hal ini yang menjadikan google sering dikunjungi oleh user pada saat ingin melakukan pencarian. Namun ada beberapa kelemahan yang terdapat dalam google adalah kalahnya persaingan untuk fasilitas seperti game, musik dan fitur-fitur online yang lainnya. Namun hal ini disiasati google dengan menambah fitur-fitur tambahan disamping fitur pencarian yang menjadi andalannya.
Fitur-fitur Istimewa Google
Disamping menyediakan akses mudah ke milyaran halaman web, Google juga mempunyai banyak fitur istimewa untuk menolong anda menemukan secara persis apa yang anda cari.

Beberapa fitur istimewa dari google :

1. Google bisa digunakan untuk melihat cuaca
Untuk mengetahui cuaca kota-kota besar di seluruh dunia.

2. Google bisa digunakan untuk melihat waktu.
Untuk melihat waktu di seluruh dunia.

3. Google bisa digunakan sebagai kalkulator.
Petunjuk penggunaan kalkulator, bisa dibaca di http://www.google.com/help/calculator.html

4. Google bisa digunakan untuk mencari konstanta.
Kita bisa mencari nilai sebuah konstanta di Google, misalnya: pi, e, h, G.

5. Google bisa digunakan untuk mengkonversi satuan.
Anda bisa mempergunakan Google untuk mengubah satuan ke banyak konversi berbeda.

6. Google bisa digunakan untuk mencari definisi kata atau istilah asing.
Digunakan untuk mencari definisi kata atau istilah asing yang kita inginkan.

7. Google bisa digunakan untuk mengkonversi mata uang.
Google juga mampu mengkonversi mata uang, misalnya dari dollar ke rupiah. Namun, pada fitur ini, Anda harus tahu kode mata uang suatu negara.

8. Google bisa digunakan untuk melihat tracking number pengiriman anda.
Digunakan untuk melihat tracking number UPS , Fedex atau USPS.


Selain keistimewaan fitur-fitur diatas, google pun berusaha untuk menguasai dunia maya ini dengan memunculkan browser ciptaannya yang diberi nama Google Chrome, bahkan mereka berani mengklaim bahwa google chrome ini adalah browser yang tercepat dan aman.(dikutip dari deniar’s blog), hal ini merupakan strategi bisnis google dalam persaingannya dengan perusahaan-perusahaan yang lainya.
Itulah analisa yang dapat saya uraikan untuk mesin pencarian google,yahoo dan MSN. Dengan beberapa persaingan yang ada serta kiat-kita yang mereka bangun dalam persaingan ketiganya untuk menjadi web pencarian yang populer.
terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar